Home » » Cerdas Dalam Bermedia Sosial

Cerdas Dalam Bermedia Sosial

Written By Admin on Jumat, 20 Oktober 2017 | 19.44

Berbicara tentang media sosail sekarang ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Media sosial bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan bukan hanya dari golongan remaja saja yang menggunakan media sosial , namun juga sudah menjalar ke usia anak-anak dan orang tua.
Pada Zaman modern ini, Internet sudah bukan lagi menjadi hal yang susah untuk ditemukan. Beberapa waktu lalu, para pengguna gadget hanyalah masyarakat kelas ke atas. Namun sekarang, para pennguna gadget sudah menyeluruh. Tidak hanya kelas atas saja yang memiliki gadget ,tetapi masyarakat kelas bawah juga sudah memilikinya.

Pemanfaatan media sosial didunia sekarang ini bagaikan pisau bermata dua. Media sosial ibarat pisau yang tajam yang bisa menikam penngunanya , tapi jangan salah pisau juga sangat bermanfaat bagi manusia. Begitu pula halnya dengan media sosial seperti facebook, instagram, WA dan lainnya, itu bisa mendatangkan manfaat yang sungguh sangat besar jika kita cerdas dan bijak dalam menggunakannya. Media sosial sangat bermanfaat untuk menjalin silahturahmi  kita kepada keluarga, teman dan kerabat –kerabat kita, media sosial juga dapat kita gunakan sebagai wadah untuk bersosialisasi , menghibur diri, menngali informasi yang aktual, menambah pengetahuan dan penggunaan sosial media juga dapat mempermuda kita dalam menjalankan serta meningkatkan kualitas hidup kita. Namun ,yang perlu di garis bawahi adalah hal itu akan didapat jika kita bijak menggunakan media sosial, sebaliknya mudharat akan menghampiri jika kita salah dalam penggunaanya.

Setiap kali kita akan menngunakan media sosial ,maka sebaiknya kita terlebih dahulu memikirkan apa tujuan kita menggunakan medsos. Sehinnga ketika ada berita- berita masuk kita bisa pilah pilih berita yang benar ataupun salah.

Memang tidak dapat dipungkiri, kehadiran media sosial yang sudah ramai dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari sedikit banyak telah mengubah pola pikir dari penggunanya. Sehingga sebagai penngguna media sosial yang cerdas , kita harus tetap waspada dan berhati-hati dalam penggunaanya.
Yang patut menjadi perhatian adalah bagaimana efek dari penggunaan sosial media tersebut, oleh indivudu yang menggunakan media sosial tersebut. Seringkali media sosial sudah jauh dari manfaat media itu sendiri yang sejatinya sangat berguna untuk hal-hal yang positif seperti menjalin tali silahturahmi. Hari ini kita dapat melihat banyak sekali pihak- pihak yang memanfaatkan sosial media untuk sarana melancarkan aksi –aksi propaganda, fitnah bahkan yang bertujuan untuk memecah belah suatu kalangan tertentu. Dan media sosial juga seakan menjadi sasaran empuk bagi sebagian orang yang ingin menebar kebencian, dengan menyebar  berita bohong alias HOAX, sebab masyarakat kini bergantung pada media sosial.

Di zaman sekarang ini , kita harus cerdas dalam bermedia sosial , itu wajib dilakukan oleh siapa pun yang memang akktif di media sosial . dengan melengkapi diri dengan kecerdasan kita bisa memilah dan filter informasi yang benar atau tidak. Dengan kecerdasan, kita bisa memahami mana informasi yang ditujukan untuk kepentingan publik, dan mana untuk kepentingan kelompok , dengan kita bersikap cerdas , secara tidak langsung kita telah memberikan contoh pada generasi berikutnya.

Kita harus Cara cerdas bermedia sosial dengan cara yaitu 1. kita harus selektif. Yang dimaksud dalam hal ini adalah jangan mudah menambahkan ataupun menerima pertemanan pada media sosial kita, sikap selektif ini adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari efek negatif yang berupa  tindakan kejahatan yang saat ini marak terjadi yang justru berawal dari media sosial.
2.Pertimbangan dalam menulis status. Menumpahkan emosi dan menuliskannya pada status sosial yang kita miliki memang sangat menyenangkan dan dapat membantu mengurangi kekesalan dalam hati.

Namun , kita harus mempertimbangkan dengan  baik-baik sebelum kita melakukannya. Jangan menulis status yang dapat memancing pihak lain untuk memberikan respon yang negatif. Ada baiknya jika kita memposting berbagai hal-hal yang memiliki manfaat bagi para pembaca.
Dengan menggunakan media sosial juga kita dapat memiinimalisir perdebatan.saat ini sosial media bagaikan buku harian para penggunanya. Berbagai hal yang unik yang terjadi dalam satu hari itu akan selalu diposting di medsos. Nah ,Ketika ada pennguna lainnya yang memposting suatu kejadian dengan foto atau status di media sosial, yang mana biasanya akan mengundang like dan komentar. Ada baiknya jika kita tidak berkomentar terlalu pedas karena itu akan memicu terjadinya perdebatan. Dan ketika kita berdebat dengan pennguna yang memposting kejadian dengan status tersebut, akan ada kemungkinan kita akan diblokir olehnya. Namun, apabila yang muncul adalah perdebatan yang positif, kita juga bisa melanjutkannya, namun kita juga harus tetap berhati –hati untuk kemungkinan munculnya perdebatan yang negatif.

Dampak dampak negatif yang ditimbulkan oleh media sosial ini juga sangat banyak. Seiring berkembangnya teknologi , berkembang pula kejahatan –kejahatan di dunia internet, yang mana itu dikenal sebagai cyber crime , kejahatan didunia maya ini sangatlah beragam , diantaranya carding, hacking,cracking,phising dan spaning. Dengan menggunakan media sosial ,kita akan semakin kecanduan , situs jejaringan sosial facebook atau yang lainnya juga bisa membahayakan karena bisa memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat merusak performa mental.

Oleh karenanya agar masyarakat pada umumnya dan generasi millenia khususnya, agar tidak terus menerus berada dalam kondisi illiterate society. Maka perlu di upayakan tumbuhnya kesadaran kristis dalam menggali dan menyebar luaskan berita dan informasi.
Gunakanlah media sosial secara hati- hati dan proporsional untuk menebar kebaikan dan perdamaian .
Ingat, mulutmu harimaumu , itu dulu. Sekarang jarimu (jempolmu) harimaumu
Jayalah Negeriku

*) Penulis adalah Mahasiswi Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNJA
Sumber: http://www.jambi-independent.co.id/read/2017/10/19/15331/cerdas-dalam-bermedia-sosial/
BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : NmcNews | Redaksi | Info Kami
Copyright © 2017. NmcNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by NmcNews.id