Home » , , » Ini Program Prioritas Mashuri-Apri yang akan Dikawal Fraksi PAN

Ini Program Prioritas Mashuri-Apri yang akan Dikawal Fraksi PAN

Written By Admin on Minggu, 27 November 2016 | 11.34

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Meski disebut 2017 Kabupaten Bungo akan kembali mengalami defisit anggaran, partai pengusung akan tetap mengawal realisasi program kepala daerah yang dijanjikan saat kampanye.

Beberapa program dikawal untuk bisa terealisasi 2017, atau pada pengelolaan APBD murni pertama ‎pemerintahan Mashuri dan Apri yang dilantik pertengahan 2016 lalu tersebut.

Disampaikan Ketua Fraksi PAN Mahili, sebagai partai pengusung Mashuri-Apri, ia menyebut ‎akan mengawal program Gerakan Dusun Membangun (GDM), dengan alokasi Rp 250 juta per dusun dan kelurahan.

‎"GDM sangat prioritas karena janji politik, undang-undang mengatur harus merealisasikan visi dan misi, jadi ini harus terealisasi," kata Mahili kepada Tribun, beberapa hari lalu.

Kemudian soal pemekaran daerah, menurutnya juga dikawal di periode ini dan ‎sekarang sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD).

"Artinya dalam waktu lima tahun periode Mahuri - Apri, pemekaran ini akan terus diperjuangkan, sekarang sudah masuk RPJMD."

Di luar itu, beberapa program yang dikawal baik saat pembahasan di DPRD maupun dalam proses realisasi, diantaranya ‎infrastruktur jalan dan jembatan,

"Kemudian jaringan listrik, sekarang 85 persen dialiri, target 15 persen terpenuhi di periode ini. Dan peningkatan produksi pertanian, swasembada pangan, padi, daging, ikan," terang Mahili.

Khusus pengembangan potensi ekonomi dan pertanian ini, ‎Mahili menyebut partainya bersama kepala daerah sudah merumuskan pemberdayaan potensi berbasis kawasan.

Sudah dilakukan pemetaan terhadap 17 kecamatan di Bungo, dalam praktiknya ada kecamatan yang dikhususkan untuk pengembangan produksi padi, ikan, dan ternak.

"Untuk padi, nanti akan dibantu bibit, pagar, pupuk, fasilitasi alsintan, dan irigasi. Kalau ‎ternak, diantaranya kerjasama dengan perusahaan di Lampung," urai Mahili.

Sementara pengembangan potensi perikanan, kelompok tani akan dibantu oleh kabupaten membangun kolam,‎ kemudian benih dari provinsi dan APBD kabupaten.

"Dalam realisasi program ini, kita akan kelola BUMDes untuk menjalankannya dan kelompok tani," papar Ketua DPRD periode lalu tersebut.

Kini, DPRD akan segera melakukan pembahasan APBD murni 2017. "Kita akan kawal seluruh program unggulan kepala daerah ini, mulai dari pembahasan APBD," pungkasnya. ‎

Sumber: http://jambi.tribunnews.com/2016/11/28/ini-program-prioritas-mashuri-apri-yang-akan-dikawal-fraksi-pan

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : NmcNews | Redaksi | Info Kami
Copyright © 2017. NmcNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by NmcNews.id