Home » , » Periksa Mobil Setelah Lama Tak Dipakai

Periksa Mobil Setelah Lama Tak Dipakai

Written By Admin on Sabtu, 23 April 2016 | 18.45

Meninggalkan mobil dalam waktu lama merupakan hal yang kadang terpaksa dilakukan oleh pemilik mobil, entah karena ada tugas luar kota ataupun hendak pergi berlibur dengan waktu yang cukup lama.

Meski dalam kurun waktu tersebut mobil tidak digunakan sama sekali, bukan berarti tidak terjadi apa-apa di dalam mekanisme kerja mesin dan perangkat lainnya. Oleh karena itu, saat hendak menggunakan mobil kembali, ada sejumlah pengecekan atau penggantian yang patut dilakukan.

Misalnya saja pemeriksaan pada bagian kelistrikan, salah satunya aki. Periksa dengan cermat cairan yang ada di dalam aki, apakah berada di bawah normal atau tidak. Air aki yang berada di bawah permukaan, dikhawatirkan membuat aki tidak cukup kuat untuk mengantarkan arus listrik, sehingga kemungkinan suhu aki akan meningkat.

Ada baiknya pula untuk membersihkan ujung kabel yang terhubung ke aki —apalagi kalau ada karat atau korosi— agar asupan listrik ke mobil bisa maksimal. Jika mobil ditinggal sangat lama, sampai berbulan-bulan lamanya, membeli aki baru dapat dipertimbangkan agar lebih mantap.

Hal berikutnya adalah mengganti pelumas karena kualitasnya dikhawatirkan menurun setelah mobil ditinggal beberapa lama. Demikian pula, periksa filter udara, oli, dan bensin, apakah masih layak pakai atau tidak. Kalau kotor, sebaiknya diganti agar proses kerja mesin bisa berjalan dengan sempurna. Sebaiknya kosongkan tangki bensin terlebih dahulu dan isi bensin dengan yang baru karena penguapan yang mungkin terjadi di dalam tangki akan mengganggu kinerja mesin.

Demikian juga, bersihkan busi agar pengapian tidak terhambat dan jangan lupa untuk memeriksa kabel-kabelnya.

Bagian lain yang juga perlu dicermati adalah sistem pengereman, seperti minyak rem —mengingat kelembaban yang mungkin timbul saat mobil ditinggal. Kemudian, bersihkan kaliper dari debu dan kotoran yang menempel, apalagi kalau mobil tidak ditutup dengan cover.

Setelah itu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi ban, keseimbangan, berikut tekanan angin. Kalau sudah selesai, segera bawa mobil ke bengkel tepercaya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. [ASP]

Sumber : http://infoklasika.print.kompas.com/periksa-mobil-setelah-lama-tak-dipakai/

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : NmcNews | Redaksi | Info Kami
Copyright © 2017. NmcNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by NmcNews.id