Home » , » Tak Produktif, PNS Siap-siap Pensiun Dini

Tak Produktif, PNS Siap-siap Pensiun Dini

Written By Admin on Kamis, 10 Maret 2016 | 06.36

JAMBI – Wacana pemerintah pusat merasionalisasi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia, nampaknya tak hanya ancaman saja. Sebab, pusat telah mengumpulkan para Sekda se-Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ridham Priskap, mengatakan, dirinya baru saja menghadiri rapat koordinasi dengan seluruh Sekda di Indonesia bertempat di Kemenpan RB itu. Dalam Rakor itu, menurutnya sudah disampaikan adanya wacana dan konsep rasionalisasi PNS.

"Salah satu yang disampaikan, bagaimana ke depannya, total jumlah PNS di Indonesia 4,5 juta bisa dirasionalkan. Sebab, bersasarkan evaluasi, tidak semua PNS kinerjanya maksimal," katanya.

Menurutnya, ada konsep baru ke depannya untuk mencapai jumlah PNS yang ideal dan kinerja maksimal. Saat ini, lanjutnya akan disusun revisi PP No 41 tahun 2007 tentang struktur dan organisasi di daerah. Nantinya akan ada analisis jabatan yang menggambarkan kebutuhan ideal jabatan. Sehingga, rasionalisasi adalah konsekuensi dari konsep tersebut.

"Seperti akan ada evaluasi kinerja pejabat struktural. Kalau jabatan tertentu terkena rasionalisasi akan diasassment. Kalau kinerjanya maksimal akan ditempatkan di posisi sesuai. Kalau tidak, maka akan dialihkan ke jabatan fungsional tertentu," katanya.

Sementara itu, ada juga konsep kedua yang dipaparkan. PNS yang tidak produktif lagi diberikan kesempatan untuk mengajukan pensiun dini. Hal ini ditargetkan selesai pada tahun 2019 untuk mencapai visi dan misi smart ASN.

"Saat ini, untuk langkah awal kita dimina untuk mencermati analisis jabatan dan kebutuhan PNS. Setelah itu, baru akan disesuaikan. Bisa jadi juga ada eselon II turun ke eselon III. Bisa jadi juga ada penggabungan dua SKPD menjadi satu SKPD, namun harus yang serumpun. Tapi itu masih konsep," ujarnya.

Sumber : http://metrojambi.com/read/2016/03/10/8294/tak-produktif-pns-siapsiap-pensiun-dini.html

Foto : Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap saat memimpin apel upacara beberapa waktu lalu / dok/metrojambi

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : NmcNews | Redaksi | Info Kami
Copyright © 2017. NmcNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by NmcNews.id