Home » , » 2 Siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi Akan Ikuti Ajang Intel ISEF di Amerika Serikat

2 Siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi Akan Ikuti Ajang Intel ISEF di Amerika Serikat

Written By Admin on Selasa, 29 Maret 2016 | 15.58

Dua siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Jambi akan mengikuti ajang Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) yang akan diselenggarakan di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat  pada 6-15 Mei 2016 mendatang. Kedua siswi kelas XII MAN IC ini adalah Nurkholifatul Maula dan Putri Rahayu Budiman. 

Menurut Aty Mulyani selaku guru Biologi MAN IC Jambi sekaligus pembimbing KIR pada Senin (28/3/2016), seperti dikutip dari situs kemenag.go.id, "Mereka terpilih mengikuti Intel ISEF 2016 ini karena pernah menjadi juara I Kategori Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) 2015. Akhirnya, LIPI merekomendasikan agar kedua siswi ini mengikuti Intel ISEF 2016."

Menurut Aty, status mereka sebagai juara pada LKIR LIPI 2015 bukan berarti kedua siswi Madrasah ini otomatis lolos. Sebab, LIPI tetap melakukan seleksi lagi untuk ke Intel ISEF 2016 pada akhir Desember 2015. Ada lima kelompok yang lolos untuk mengikuti Intel ISEF 2016. MAN IC Jambi masuk pada urutan keempat. Urutan I-III dibiayai oleh LIPI, sedangkan urutan IV-V dibiayai sendiri.

"Alhamdulillah, meskipun MAN IC Jambi masuk urutan keempat, mereka tetap akan berangkat ke Amerika. Dan Alhamdulillah-nya lagi, siswi-siswi MAN IC Jambi bisa berangkat dengan biaya dari Kementerian Agama. Minggu yang lalu kami juga melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Jambi untuk mendapatkan doa dan dukungan," jelas Aty Mulyani.

Lebih lanjut lagi, ada dua juta proposal yang akan dilombakan di ajang Intel ISEF 2016. Siswi MAN IC Jambi akan mempresentasikan penelitiannya yang berjudul "Pengaruh Eksistensi Perkebunan Sawit Terhadap Integrasi Sosial Masyarakat Transmigrasi Desa Sumber Harapan Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi."

Aty berharap bahwa kedua siswi MAN IC Jambi ini bisa sukses untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia, nama Madrasah dan nama Kementerian Agama. Lebih dari itu, mereka berdua diharapkan bisa membuktikan bahwa siswa-siswi Madrasah adalah pelajar Indonesia yang kreatif, inovatif, dan produktif.

Sumber : http://www.radarempoa.com/2016/03/2-siswi-man-insan-cendekia-ke-intel-isef.html

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : NmcNews | Redaksi | Info Kami
Copyright © 2017. NmcNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by NmcNews.id